Kenali 5 Penyebab Bisnis Gagal

penyebab bisnis gagal

Menjadi seorang pebisnis tidaklah mudah. Tentu saja ada masa dimana pebisnis mengalami masa sukses dan juga gagal. Hal ini tergantung dari pebisnis yang jeli melihat peluang usaha dan lain-lain. Oleh karena itu sebelum melakukan bisnis kenali penyebab bisnis gagal. Penasaran? Berikut 5 penyebab bisnis seseorang sering gagal.

1. Produk Yang Dipasarkan Tidak Sesuai Market

Menjadi seorang pebisnis harus tau & mengenali bagaimana konsumennya dan bagaimana pasarnya. Berikanlah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Dengan begitu akan membuat bisnis seseorang jauh dari kata gagal. Namun banyak fakta di lapangan bahwa produk yang dipasarkan tidak sesuai market. Hal inilah yang membuat pebisnis gagal dalam berbisnis.

Sebelum mengeluarkan produk maka pebisnis harus tau untuk siapa produk tersebut dan apakah ada segmentasi pasarnya. Oleh karena itu diperlukannya riset pasar dan konsumen terlebih dahulu. Apabila jawaban dari riset mengatakan ia maka gunakan produk tersebut untuk dipasarkan. Namun apabila tidak, maka hindarilah. Dengan begitu tidak akan membuat bisnis menjadi gagal.

2. Perencanaan Yang Kurang Matang

Hampir sama dengan penyebab bisnis gagal diatas. Perencanaan yang matang tentunya akan membuahkan hasil bagi para pebisnis. Dalam berbisnis harus dipastikan bahwa perencanaannya matang. Mengapa? Karena apabila perencanaan kurang matang maka akan mengakibatkan hal yang fatal. Yah yaitu gagalnya dalam berbisnis.

Oleh karena itu, pastikan bahwa rencana bisnis sudah terpetakan dengan baik. Gunakanlah model bisnis canvas untuk melakukan perencanaan yang tepat. Disitu pebisnis akan mengetahui kelemahan, kekurangan, ancaman serta peluang dalam berbisnis. Tidak hanya itu pebisnis juga akan mengetahui target konsumen, para pesaing dan keunikan produk seperti apa.

3. SDM Yang Kurang Berkualitas

Sumber daya manusia juga harus dilihat dalam bisnis. Mengapa? Karena apabila bisnis mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tentunya bisnis akan berjalan dengan lancar. Lakukan penyaringan SDM yang baik saat memasukkan pegawai ke dalam bisnis yang sedang dilakukan. Kemudian lihat pengalaman kerja yang dilakukan oleh SDM tersebut.

Tidak hanya itu sumber daya manusia yang bekerja juga harus diberikan training. Untuk apa? Hal ini untuk memberikan pengetahuan yang lebih mengenai bisnis yang akan dijalankan oleh SDM. Semakin berkualitas SDM yang dimiliki maka bisnis akan berjalan dengan lancar tanpa ada kegagalan. Apabila SDM tidak berkualitas maka akan menjadi penyebab bisnis gagal.

4. Pemasaran Yang Kurang

Didalam berbisnis, pemasaran merupakan hal yang paling penting. Melalui pemasaran ini, maka produk akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Gunakanlah teknik pemasaran yang tepat dan benar. Dekati konsumen dengan teknik pemasaran yang ada. Semakin dekat produk dengan konsumen, maka akan membuat bisnis yang sedang dijalankan menjadi lancar.

Selain itu lakukan pemasaran melalui iklan di social media dll. Hal ini tentunya akan membuat informasi produk menjadi lebih cepat sampai di masyarakat luas. Selain itu berikan diskon atau potongan harga kepada konsumen, hal ini tentunya akan menarik konsumen lebih banyak.

5. Terlalu Banyak Spending Money

Hal ini sering terjadi pada diri pebisnis. Apabila melihat income yang banyak diawal maka akan membuat pebisnis ingin cepat-cepat spending money untuk hal-hal diluar bisnis. Tanpa disadari bahwa hal ini merupakan penyebab bisnis gagal.

Oleh karena itu gunakan financial management dengan baik. Atur pengeluaran bisnis dengan baik. Jauhkan diri dari spending money untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan begitu akan membuat pebisnis sukses dalam menjalankan bisnis tersebut.

Nah, sebelum terjun didunia bisnis ada baiknya untuk mengenali 5 penyebab bisnis gagal diatas. Dengan adanya artikel ini tentunya akan membuat pebisnis menjadi lebih matang lagi dalam melakukan bisnis. Kenali penyebab kegagalan bisnis dan ikuti tips yang ada di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *