5 Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis

cara mengatasi kegagalan bisnis

Siapa sih yang tidak mau memiliki bisnis? Menjadi seorang pebisnis tidaklah mudah. Tentu ada dimana fase bisnis menjadi sukses dan juga mengalami kegagalan. Semua ini harus ada cara yang dilakukan agar bisnis terhindar dari kata kegagalan. Penasaran? Berikut 5 cara mengatasi kegagalan bisnis agar bisa terus berjalan dan sukses :

1. Positive Thinking

Berpikiran positif di dalam berbisnis itu sangat penting. Mengapa? Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis seseorang. Apabila pebisnis tidak bisa berpikir positif maka akan sulit dalam menjalankan sebuah bisnis. Contohnya saja dalam menghadapi kegagalan dalam berbisnis. Di situasi seperti ini maka mengharuskan pebisnis untuk terus positive thinking.

Cara mengatasi kegagalan bisnis yang pertama yaitu positive thinking. Dengan berpikiran positif maka akan mempermudah pebisnis dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Apabila pebisnis berpikiran negative tentunya akan mempersulit dalam mencari solusi yang terbaik. Oleh karena itu latihlah diri untuk tetap berpikiran positif.

2. Cari Tahu Mengenai Penyebab Kegagalan Bisnis

Bisnis menjadi gagal tentunya ada hal yang menyebabkannya.  Sebagai seorang pebisnis harus peka dalam melihat hal ini. Apabila penyebab kegagalan tidak dicari tahu maka akan menyebabkan kegagalan lagi dalam memulai bisnis. Penyebab kegagalan dalam berbisnis tentunya bisa berasal dari 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal itu bisa berasal dari internal sebuah perusahaan bisa berupa managemen yang tidak baik atau kualitas SDM yang kurang dll. Sedangkan faktor eksternal bisa berasal dari lingkungan luar dari bisnis seperti pesaing yang baru memunculkan inovasi baru atau tidak mengikuti trend dsb. Oleh karena itu pebisnis harus mencari penyebabnya.

3. Ciptakan Inovasi Baru

Inovasi merupakan hal yang terpenting dalam berbisnis. Apabila sebuah perusahaan tidak berinovasi terhadap produknya tentu akan mati dalam sekejap. Mengapa? Karena perlu diketahui bahwa bisnis mengikuti kebutuhan dari konsumen dan perkembangan zaman. Apabila tidak berinovasi akan mati seperti kasus handphone Nokia yang tidak mau berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Oleh karena itu ciptakan inovasi baru terhadap produk yang ingin dijadikan bisnis. Ikutilah perkembangan zaman dan teknologi yang ada serta sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu akan membuat pebisnis bisa menemukan cara mengatasi dalam kegagalan bisnis. Sehingga bisnis akan berjalan lancar dan sukses.

4. Buatlah Perencanaan Yang Matang

Sebelum bisnis buatlah perencanaan bisnis yang sudah terstruktur dan matang. Gunakan bisnis model canvas. Mengapa? Melalui model bisnis ini, maka pebisnis bisa  mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang ingin dipasarkan. Selain itu pebisnis juga bisa melihat dari sisi pesaing , hal-hal yang bisa mengancam sebuah bisnis dll.

Oleh karena itu pastikan perencanaan yang dibuat harus matang. Dengan perencanaan yang baik tentunya akan membuat bisnis terus berjalan dan sukses. Hal ini merupakan cara mengatasi kegagalan bisnis yang sedang dijalankan.

5. Fokus Pada Target

Dalam berbisnis hal yang paling penting adalah fokus terhadap konsumen yang igin dituju. Jangan keluar dari target yang ingin dituju. Mengapa? Dengan memfokuskan target, maka akan membuat bisnis lebih  mudah berjalan. Apabila sudah mengetahui targetnya seperti apa, maka produk yang ditawarkan pun disesuaikan dengan kebutuhan target tersebut.

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi kegagalan dalam berbisnis. Oleh karena itu identifikasi target dari produk kemudian buatlah produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Nah itulah 5 cara mengatasi kegagalan bisnis. Dengan mengetahui 5 cara ini tentunya akan membuat pebisnis terhindar dari kegagalan dan bisnis pun akan berjalan dengan lancar. Pahami bisnis yang dijalankan dan gunakan 5 cara ini untuk memanage bisnis yang sedang dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *