5 Ide Bisnis Sampingan di Rumah Dengan Modal Kecil

bisnis sampingan di rumah

Sebagian besar orang beranggapan bahwa, bisnis sampingan di rumah itu membutuhkan modal yang besar. Sebenarnya untuk memulai bisnis sampingan tersebut hanya membutuhkan modal yang kecil dan waktu luang saja. Hanya dengan waktu luang itu bisa mendapatkan uang jika dilakukan secara konsisten dan optimal.

Kemudian dari waktu luang itulah terdapat banyak kesempatan bagi setiap orang untuk memulai bisnis sampingan di rumah. Selain itu, juga bisa menjadikan bisnis atau usaha sampingan itu sebagai sumber penghasilan tambahan. Berikut terdapat beberapa ide bisnis sampingan dengan modal kecil yang bisa dilakukan :

1. Desain Grafis

Desain grafis ini sangat cocok untuk bisnis sampingan di rumah bagi karyawan yang bekerja di perusahaan bagian desain grafis. Di samping pekerjaan utama, seseorang juga bisa menawarkan jasa ke teman, saudara, maupun menawarkan jasa melalui beberapa marketplace.

Dalam melakukan bisnis ini tidak diperlukan modal sama sekali. Adapun modal kecil, yaitu skill dan juga komputer atau laptop untuk membuat desain grafis.  Produk yang kreatif dan inovatif serta pengerjaan tepat waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam melakukan bisnis ini.

2. Jasa Pengetikan

Selain desain grafis, masih ada juga bisnis ini. Jika misalkan seseorang memulai bisnis ini dengan cara offline, tempat yang paling strategis adalah di daerah sekitar kampus. Pada dasarnya banyak mahasiswa yang sangat membutuhkan jasa pengetikan ini.

Bagi yang senang untuk mengetik, bisa mencoba bisnis ini dan juga mengerjakan bisnis sampingan di rumah. Hanya dengan mengetik sesuai yang pelanggan minta, di sini sudah bisa untuk mendapatkan uang. Modal yang harus dipersiapkan untuk melakukan bisnis sampingan rumah ini hanyalah komputer/laptop, printer, kertas, dan lainnya.

3. Les Privat

Jasa mengajar secara privat untuk bermacam-macam mata pelajaran sekolah, saat ini banyak dilakukan oleh mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa menjadikan les privat sebagai bisnis sampingan di rumah, guna menambah tabungan atau untuk biaya kuliah.

Selain pelajaran sekolah, biasanya ada juga yang menawarkan les privat untuk bahasa asing, alat musik, menari, dan lain sebagainya. Bisnis sampingan ini biasa dilakukan dengan mendatangi murid yang akan di ajar atau sebaliknya.

4. Penerjemah

Memiliki keahlian suatu bahasa asing? Manfaatkanlah keahlian tersebut menjadi sebuah bisnis sampingan di rumah. Hanya dengan menawarkan jasa penerjemahan akan sangat menjanjikan dan sedang tren saat ini. Di sini terdapat dua jenis, yaitu penerjemah profesional dan juga penerjemah pemula.

Jangan takut untuk menjadi pemula, karena penerjemah profesional dulunya adalah pemula terlebih dahulu. Hanya saja, penerjemah yang profesional bekerja di bawah sumpah dan memiliki tarif yang mahal. Sedangkan untuk pemula, bisa memulai dengan menerjemahkan dokumen seperti artikel, skripsi, dan lainnya.

5. Jual Pulsa Elektrik

Dengan menjual pulsa elektrik saja, seseorang bisa mendapatkan uang yang banyak, padahal hanya mendapat sedikit laba per transaksi. Bisnis ini sangat tepat jika dilakukan oleh karyawan sebagai bisnis sampingan. Keuntungannya adalah bisa mempromosikan pulsa ke teman kantor, tetangga, media sosial dan lainnya.

Bisnis ini memang memiliki keuntungan yang sangat kecil di setiap satu transaksi. Akan tetapi, jika seseorang mampu melakukan banyak transaksi, tentu akan banyak pula keuntungan yang didapat.

Itulah bahasan tentang ide bisnis sampingan di rumah yang hanya membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Mulai sekarang manfaatkanlah waktu luang dan jadikan semua itu menjadi uang. Tidak harus dengan waktu yang lama, berikanlah satu sampai dua jam saja untuk mengurus bisnis sampingan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *